2 Apr 2011

PENGOLAHAN CITRA DIGITAL

    Aplikasi pengolahan citra digital terdiri dari :
1.  Pengolahan citra dalam dunia perfilman
Dalam dunia perfilman pengolahan citra dimanfaatkan untuk menghaluskan gambar, menajamkan gambar, member efek terang dan gelap, member kesan timbul,memberi efek morphing dan lain-lain. 
2.  Pengolahan citra dalam dunia fotografi
Dalam dunia fotografi pengolahan citra digunakan sebagai pengganti kamera filter. Filter kamera digunakan untuk membuat film hitam putih, memberi efek berkabut, member cahaya pada bagian tertentu pada foto, menghilangkan noise dan lain-lain.
3.  Pengolahan citra dalam dunia kedokteran
Dalam dunia kedokteran pengolahan citra biasa digunakan untuk memperjelas hasil x-ray organ tubuh manusia, pengolahan citra hasil CT scan dan lain-lain.
4.  Pengolahan citra dalam dunia komunikasi
Dalam bidang ini, pengolahan citra digunakan untuk memperjelas foto permukaan bumi yang dihasilkan dari satelit cuaca atau memperjelas foto planet-planet yang dihasilkan dari satelit penyelidik.
5.  Pengolahan citra dalam keamanan data dan proteksi hak cipta
Sering kali data yang dikirim dari suatu tempat ke tempat yang lain merupakan data rahasia sehingga keamanannya perlu dijamin. Teknik keamanan data dan proteksi hak cipta yang biasa digunakan adalah Steganografi dan Watermark.
6.  Pengolahan citra dalam pengenalan pola
Pengolahan citra yang termasuk dalam bidang ini adalah pengenalan pola huruf, pola wajah, pola sidik jari, pola iris mata dan sebagainya. 
(Sutoyo.T, dkk. 2009. Teori Pengolahan Citra Digital. CV. Andi OffSet : Yogyakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar